Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Audio-Visual Dengan PowerPoint Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas XI MIA SMA NEGERI 5 MEDAN Tahun Pembelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan media Audio-Visual dan media PowerPoint. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Populasi
dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 312
siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Sampel penelitian diambil secara acak
(random sampling). Masing-masing berjumlah 41 siswa dan 42 siswa, sehingga total sampel adalah
83 siswa. Pada kelas XI MIA 1 dilakukan dengan media Audio-Visual dan pada kelas XI MIA 2
dilakukan dengan PowerPoint. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan
uji statistik t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre-test kelas media Audio-Visual
diperoleh yaitu 74,54 dan nilai dengan standar deviasi sebesar 7,93 dan nili rata-rata pre-test kelas
media PowerPoint yaitu 62,38 dan nilai standar deviasi sebesar 8,74. Sedangkan hasil post-test
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan media Audio-Visual diperoleh nilai ratarata
87,80 dan nilai standar deviasi sebesar 6,32 dan nilai rata-rata post-test yang diajar dengan
media PowerPoint 84,57 dan standar deviasi sebesar 5,55. Dengan demikian hasil belajar siswa yang
diajar dengan media Audio-Visual lebih baik daripada PowerPoint. Uji hipotesis menunjukkan bahwa
thitung = 2,52 > ttabel = 1,99. Jadi didapat bahwa thitung> ttabel (2,52 ≥ 1,993) maka Ha diterima dan Ho
ditolak, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara media Audio-Visual dan PowerPoint pada
materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran
2014/2015.
Kata kunci: audio-visual, powerpoint, hasil belajar siswa
menggunakan media Audio-Visual dan media PowerPoint. Penelitian ini termasuk jenis penelitian
eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Populasi
dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 312
siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Sampel penelitian diambil secara acak
(random sampling). Masing-masing berjumlah 41 siswa dan 42 siswa, sehingga total sampel adalah
83 siswa. Pada kelas XI MIA 1 dilakukan dengan media Audio-Visual dan pada kelas XI MIA 2
dilakukan dengan PowerPoint. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan
uji statistik t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre-test kelas media Audio-Visual
diperoleh yaitu 74,54 dan nilai dengan standar deviasi sebesar 7,93 dan nili rata-rata pre-test kelas
media PowerPoint yaitu 62,38 dan nilai standar deviasi sebesar 8,74. Sedangkan hasil post-test
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan media Audio-Visual diperoleh nilai ratarata
87,80 dan nilai standar deviasi sebesar 6,32 dan nilai rata-rata post-test yang diajar dengan
media PowerPoint 84,57 dan standar deviasi sebesar 5,55. Dengan demikian hasil belajar siswa yang
diajar dengan media Audio-Visual lebih baik daripada PowerPoint. Uji hipotesis menunjukkan bahwa
thitung = 2,52 > ttabel = 1,99. Jadi didapat bahwa thitung> ttabel (2,52 ≥ 1,993) maka Ha diterima dan Ho
ditolak, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara media Audio-Visual dan PowerPoint pada
materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran
2014/2015.
Kata kunci: audio-visual, powerpoint, hasil belajar siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.3997
Article Metrics
Abstract view : 248 timesPDF - 2780 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217