Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasi l Bela jar Dan Ak t i vi tas Si swa Pada Mater i Pokok Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Neger i Pe rcut Se i Tuan Tahun Pel ajaran 2014/2015

Siti Zahara Batubara, Rosita Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan model
Problem Based Learning pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X IPA SMA
Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 191 orang.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan secara acak (random sampling)
yaitu kelas X IPA1 yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
lembar observasi dan tes objektif dalam bentuk pilhan berganda yang telah diuji
cobakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Instrumen
penelitian yang digunakan sebanyak 30 soal. Dari hasil penelitian dapat diketahui nilai
hasil belajar pretest dengan rata-rata 48,5 dengan standar deviasi 4,67 dan nilai ratarata
postest sebesar 83 dengan standar deviasi 3,29. Berdasarkan hasil analisis data,
efektivitas dapat digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak
34 orang tuntas (87,17%) dan 5 orang tidak tuntas (12,82%) dan secara klasikal
sebesar 87,17%, serta ketercapaian indikator secara klasikal dari 5 indikator telah
tercapai 100%, serta penelitian ini menggunakan efektivitas treatment untuk
menentukan model pembelajaran Problem Based Learning efektif. Penelitian ini juga
menunjukkan aktivitas siswa yang tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada
materi Pencemaran Lingkungan di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Percut Sei tuan
memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Kata kunci : Efektivitas, model problem based learning,hasil belajar, aktivitas siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4007

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217