Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem
Based Learning pada materi Ekosistem di kelas X IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Tahun Pembelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
satu kelas (31 orang) yang dipilih secara acak dari 5 kelas populasi. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20
soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi
ekosistem adalah 77 ± 1,78. Persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87,09%
atau 27 orang, tingkat ketercapaian indikator tertinggi pada sub materi membedakan
komponen biotik dan abiotik (91,4%) sedangkan terendah pada sub materi
memprediksi dampak ketidakseimbangan ekosistem (68,97%), serta aktivitas siswa
tergolong baik (70,95%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan model Problem Based Learning dinyatakan efektif digunakan
pada materi ekosistem di kelas X IPA SMA Negeri Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015.
Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar, aktivitas siswa
Based Learning pada materi Ekosistem di kelas X IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan
Tahun Pembelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
satu kelas (31 orang) yang dipilih secara acak dari 5 kelas populasi. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20
soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi
ekosistem adalah 77 ± 1,78. Persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87,09%
atau 27 orang, tingkat ketercapaian indikator tertinggi pada sub materi membedakan
komponen biotik dan abiotik (91,4%) sedangkan terendah pada sub materi
memprediksi dampak ketidakseimbangan ekosistem (68,97%), serta aktivitas siswa
tergolong baik (70,95%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan model Problem Based Learning dinyatakan efektif digunakan
pada materi ekosistem di kelas X IPA SMA Negeri Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015.
Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar, aktivitas siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4008
Article Metrics
Abstract view : 391 timesPDF - 957 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217