PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI EKOSISTEM DIKELAS VII

Mariana Pakpahan, Riwayati Riwayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TPS pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumoda tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 145 orang. Sampel penelitian diambil secara Cluster random sampling (sampel acak) yang berjumlah 60 orang. Kelas VIIC yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan kelas VIIE yang diajar dengan model pembelajaran TPS. Alat pengumpul data berupa tes pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi ekosistem. Nilai rata-rata kelas NHT 76,8 ± 6,16 sedangkan pada kelas TPS 72 ± 6,56. Terdapat perbedaan antara kelas NHT dengan kelas TPS 4,8. Adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis  dengan menggunakan uji t dua pihak dengan thitung = 2,9250 dan ttabel = 2,002, (thitung 2,9250 > ttabel 2,002). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada tipe TPS pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Model Kooperatif NHT, Kooperatif TPS, Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4048

Article Metrics

Abstract view : 489 times
PDF - 826 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217