THE EFFECTS OF EMOTIONAL INTELLIGENCE AND SELF-EFFICACY ON LEARNING INDEPENDENCE IN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. made P. (2023). Pengaruh Efikasi
Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap
Kemandirian Belajar (Studi Kasus
Mahasiswa STABN Sriwijaya Tangerang
Banten). JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Sejarah, 8(3), 5457–5468.
Afero, B., & Adman, A. (2016). Peran
Kecerdasan Emosional Sebagai Faktor Yang
Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Manajemen
Perkantoran, 1(1), 215.
https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3390
Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020).
Hubungan Kemandirian Belajar Siswa
Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,
(2), 1171–1183.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.36
Ashar, D. S., Aspin, A. A., & Herik, E. H. E.
(2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional
Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas
VIII SMP negeri 9 kendari. Jurnal
Sublimapsi, 1(3).
https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.
Dalimunthe, L. R. I., Lubis, S. A., & Aziz, A.
(2019). Hubungan Antara Kecerdasan
Emosional dan Kepercayaan Diri dengan
Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 9
Tebing Tinggi. Tabularasa: Jurnal Ilmiah
Magister Psikologi, 1(2), 161–170.
https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i2.2
Diryatika, E., & Armiati, A. (2023). Pengaruh
Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Ecogen,
(1), 110.
https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14404
KEMDIKBUDRISTEK. (2022). Keputusan Kepala
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen
Pendidikan Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor
/H/KR/2022 Tentang Perubahan Atas
Keputusan Kepala Badan Standar,
Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, Dan Teknologi Nomor
/H/KR/2022 Tentang Capaian
Yahya, A.R.N., Ardianik, Septiani, & Hatip, A. Jurnal Pelita Pendidikan 12 (1), 016-021.
| J u r n a l P e l i t a P e n d i d i k a n
Pembelajaran Pada Anak Usia Dini, Jenjang
Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan
Menengah Pada Kurikulum Merdeka. In
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen
Pendidikan.
Laili, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Dan
Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian
Belajar Matematika. Afeksi: Jurnal
Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 2(2),
–103.
https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.35
Lubis, R. H., Lubis, L., & Aziz, A. (2015).
Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan
Kecerdasan Emosional Dengan Self-
Regulated Learning Siswa. Jurnal Analitika,
(2), 105–117.
Parhan, M., & Sutedja, B. (2019). Penerapan
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Dalam Pendidikan Agama Islam Di
Universitas Pendidikan Indonesia.
TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic
Education, 6(2), 114–126.
https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20165
Purwanza, S. W., Wardhana, A., & Mufidah, A.
(2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan Kombinasi (A. Munandar,
Ed.). CV. Media Sains Indonesia.
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). ANALISIS
KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA
SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif, 4(4).
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-
Sama’, Wahyuni, A., Anggraeni, A. D., Tonasih,
Yoniartini, D. M., Amni, S. S., Ismarianti,
Pentury, H. J., Pelangi, I., & Widiatuti, R.
(2021). Psikologi Pendidikan (I. K. N.
Ardiawan, Ed.). Yayasan Penerbit
Muhammad Zaini.
Saragih, C. D., & Lubis, P. K. D. (2023).
Pengaruh Efikasi Diri Dan Kecerdasan
Emosional Terhadap Kemandirian Belajar
Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Siantar T.A 2022/ 2023 Dengan Motivasi
Berprestasi Sebagai Variabel Intervening .
Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan,
Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–
Sari, A. K., Muhsin, & Rozi, F. (2018). Pengaruh
Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri,
Dan Penyesuaian Diri Terhadap
Kemandirian Belajar. Economic Education
Analysis Journal, 6(3), 923–935.
Susilo, A. (2021). Monograf Pengaruh Strategi
Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional
Siswa terhadap Kemandirian Belajar (H.
Wijoyo, Ed.). Insan Cendekia Mandiri.
Yulyani, R. D. (2021). Pengaruh Efikasi Diri
Terhadap Kemandirian Belajar Dengan
Motivasi Belajar Sebagai Variabel
Intervening. Al-Bahtsu, 6(1), 50–56.
Zahara, L. (2019). Pengaruh Efikasi Diri
terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X
Akuntansi SMK Swasta Al-Fattah Medan
Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v12i2.62385
Article Metrics
Abstract view : 91 timesPDF - 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217