PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MENGINTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dewi Afriany Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Picture and Picture menggunakan multimedia dengan menginternalisasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Lambang Negara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga SD Negeri 048232 Kabanjahe yang berjumlah 49 siswa dan sebagai objek adalah peningkatan pembelajaran pada materi Lambang Negara dengan menggunakan model gambar dan gambar berdasarkan multimedia. Teknik Pengumpulan Data adalah Lembar Pengamatan Guru dan Lembar Observasi kegiatan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru ada 80% (kategori baik), pelaksanaan kegiatan pembelajaran 87 siswa (kategori baik), dan hasil belajar siswa 85% secara klasik, dan nilai rata-rata 82. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dimasukkan ke dalam kategori baik, dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasik dengan menggunakan model Picture and picture berbasis multimedia pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Keywords


Model Picture and picture, hasil belajar, Lambang Negara

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. A. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT.Refika Aditama.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: AR.Ruzz Media.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hofstetter, Fried T. 2001, Multimedia Literacy. Third Edition. McGraw-Hill International Edition: New York.

Istarani, 2011, 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) Medan: Media Pustaka

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Piet A Sahertian, 2010. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta:PT Rineka Cipta.PS

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Sekretariat Direktoral Jendral Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Mencari Karakter Terbaik dari Belajar Sejarah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Sekretariat Direktoral Jendral Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional, 2011. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Sofhian,S dn Sahid.A, 2011. Pendidikan Kewarganegraan (Civiv Education) Pendidikan politik. Nasionalisme dan Demokrasi. Bandung Fokusmedia.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

UU No 12 Tahun 2012 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zainal Aqib, 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: CV.Yrama widya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i2.10005

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN