PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS

Dede Parsaoran Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model Quantum Teaching tehadap hasil belajar fisika pada materi pokok listrik dinamis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretes-postes. Populasi dalam  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kebangsaan Medan T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumah 103 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana siswa kelas X-1 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan Model Quantum Teaching dan siswa kelas X-2 dengan jumlah 33.siswa yang diajar dengan Model pembelajaran langsung. Hasil penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahawa data berdidstribusi normal dan homogen. Untuk uji kesamaan rata-rata pretes didapat memiliki kemampuan awal yang sama, dengan menggunakan uji t dua pihak. Kemudian diberi perlakuan untuk kelas eksperimen yang diajar dengan model Quantum teaching dan di kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung dengan hasil nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen diperoleh 72 dengan standar deviasi 9,161 dan nilai rata-rata post-tes untuk kelas kontrol diperoleh 66,424 dengan standar deviasi 8,302. Dari hasil uji t satu pihak dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan  penggunaan model quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis siswa kelas X Semester II SMA Kebangsaan Medan

Keywords


Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, Listrik Dinamis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2012, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Deporter Bobbi, dkk ., 2010, Quantum Teaching, Bandung : Kaifa.

Dimyati. 2013, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Jineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad., 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogjakarta, Ar-Ruzz Media.

http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/timss

Jihad, Asep., 2013, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kanginan, M., 2007, Fiska untuk SMA/MA Kelas X, Jakarta: Erlangga.

Muhibbinsyah.2010, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Purwoko & Fendri., 2010, Fisika 1 SMA kelas X, Jakarta: Yudhistira.

Renni, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton di Kelas X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo. Skripsi Pendidikan Fisika Universitas Darma Agung Medan.

Rusman. 2011, Model–Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin Aris., 2014, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010, Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Solikin, Mohamad., 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis di SMA Swasta Raksana Medan.Skripsi Pendidikan Fisika Universitas Darma Agung Medan.

Sudjana. 2012, Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Trianto.2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i2.10010

Article Metrics

Abstract view : 359 times
PDF - 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN