PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN

Dini Wijayati, . Motlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi esperiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini terdisi dari 5 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara class random sampling. Kelas X Otomotif 1 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Otomotif 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan berganda dengan lima option sebanyak 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing – masing adalah 39,62 dan 70,59 sedangkan nilai rata – rata pretes dan postes di kelas kontrol masing – masing adalah 22,38 dan 59,85. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sebesar 60,03 (cukup aktif) pada pertemuan I, pertemuan II sebesar 69,77 (cukup aktif) dan pertemuan III sebesar 80,37 (aktif) dengan rata –rata sebesar 73,8 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 6,331 sedangkan ttabel sebesar 1,668 atau thitung > ttabel, sehingga ditarik kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Pengukuran di kelas X semester I SMK Negeri 2 Medan.

Keywords


Inquiry, hasil belajar, Pengukuran

Full Text:

PDF

References


Anies, Emilia, Subiki Dan Prihandono, Trapsilo., (2017), Pengelolaan Laboratorium Fisika Dasar Dalam Menunjang Kinerja Dan Kepuasan Pengguna Laboratorium Fisika Fkip Universitas Jember, Jurnal Pembelajaran Fisika,Vol 6, No 1 Hardi K, Edi, Abdurrahman Dan N Yeneg, I Dewa Putu (2017), Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Berdasarkan Kemampuan Berpikir Konkret Dan Formal SMA, Hayati, Suci Nujul, Hikmmawati dan Wahyudi., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknolog, Vol III No 1 Kadri, Muhammad, Dan Meika Rahmawati., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol. 1 No. 1 Hal 29 – 33 Pardede, Dahlia Megawati, Sondang R. Manurung.,(2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 5, Hal 1-6 Simatupang, Sehat, Dan Tiarmaida., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester II SMA Negeri 8 Medan T.P. 2013/2014, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol. 1 No. 1 Hal 34 – 41

Siti., (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Besitang T.A 2014/2015, Skripsi Program Studi Pendidikan, Fmipa Unimed, Medan Siti, Magvira., (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VII Siswa SMP Negeri 32 Makasar, Skripsi UIN Alauddin Makasar Sirait, Makmur, dan Silaen Emodia (2016)., Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Dikelas X Semester II SMA Negeri 1 Silima Punggapungga, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol 2, No 2 Sudjana., (2009), Metoda Statisika, Tarsito, Bandung Trianto., (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta Udiani, Ni Ketut, Marhaeni, A.A.I.N Dan Arnyana, I,B., (2017), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Ganesha Singaraja, Indonesia

Yanti, Dian Eka Budi, Subiki, Dan Yushardi., (2016), Analisis Prasarana Laboratorium Fisika Dan Intensits Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika SMA Negeri Di Kabupaten Jember, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 1 Hal. 41 – 46 Yusman, Ade (2016), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasiil Belajar Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak,Di Sekolah Smk Bakti Idhata Cilandak Jakarta Selatan T.A 2016/2017, Skripsi Program Studi FMIPA Fisika Uin Syarif Hidayatullah Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12135

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF - 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.