UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KUALUH HULU

Abdul Harris Handoko

Abstract


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Siswa Melalui Pendekatan Saintifik dan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kualuh Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan Saintifik dan Modifikasi Alat pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara. Tes hasil belajar dilakukan di akhir setiap siklus untuk memperoleh data penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dengan jumlah siswa keseluruhan 36 orang, diperoleh sebanyak 55,55% siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan sisanya 44,45% siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dan dari hasil tes pada siklus II dengan jumlah siswa 36 orang, diperoleh 86,11% siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 13,89% masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan saintifik dan modifikasi alat, dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara

Keywords


Hasil Belajar Lari Sprint, Pendekatan Saintifik, Modifikasi Alat

Full Text:

PDF

References


Bagus, W.P. (2009). Pengaruh Latihan Dengan Modifikasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan. Hasanah dan Yanur. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakarya. Kurniasih, Y. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena. Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Shoimin, dan Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sidik, D.Z. (2011). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta. Sukmadinata. (2005). Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i1.12163

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 538 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.