PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEUANGAN DI SMK NEGERI 1 P. SIANTAR

Rohirma Sirait

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan kontekstual pada mata pembelajaran administrasi keuangan. Sesuai pengalaman peneliti selama mengajar, masih rendah hasil belajar siswa khususnya pada materi pembuatan laporan kas kecil dengan sistem imprest atau dana tetap. Penelitian dilakukan di kelas XII AP-3 sebanyak 35 siswa SMK Negeri 1 P. Siantar dengan penelitian kelas (PTK). PTK dilakukan melalui 2 siklus dan instrumen yang digunakan adalah test kognitif dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas pada pretes sebanyak 7 siswa (20%), siklus I sebanyak 16 siswa (46%), dan siklus II menjadi 30 siswa (86%). Persentase in sudah melebihi standar ketuntasan klasikal di sekolah tersebut( ≥ 70%). Aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 70% menjadi 90% pada siklus II.

Keywords


Kontekstual, Hasil belajar, Administrasi Keuangan.

Full Text:

PDF

References


Ashari dan Sudarto. 1996. Dasar-dasar

transaksi keuangan jilid I. UPP UNY

Hubbard, L. Ron, (2002). Pedoman Praktis

Keterampilan Belajar, Jakarta :

Grasindo.

Irwanto. (1997). Psikologi Umum : PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Johnson, E.B (2007). Contextual Teaching And

Learning, Mizan Learning Center,

Bandung.

Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan

dengan Suatu Pendekatan Baru.

Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2000). Didaktis Asas-Asas

Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

PSKGJ Unimed. (2012). Buku Komplikasi

Penelitian Tindakan Kelas, Unimed.

Simangunsong, M.P. Akuntansi Mahir.

Karya utama

Suyoto, Moelyati, Sumardi. Akuntansi

keuangan. Titian Ilmu Bandung

Sutrisno dan suherman. 2007. Melakukan

Proses Administrasi Transaksi.

Yudhistira

Slameto. 2003. Belajar dan Factor-Faktor Yang

Mempengaruhinya .Jakarta: Rineka

Cipta.

Tim Dosen Unimed.(2009). Strategi belajar

mengajar, PSKGJ Unimed.

Tim Dosen Unimed.(2012). Buku Pedoman

Pembimbingan Penulisan Skripsi,

PSKGJ Unimed.

Tim Dosen Unimed.(2012).Metode

Penelitian, PSKGJ Unimed.

Tim Administrasi Perkantoran. 2007.

Modul Memproses Transaksi

Keuangan. Yudhistira

Trianto. (2007). Metode Pembelajaran Terpadu

Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta:

Prestasi Pustaka

Curricula for grades 10, 11 and 12/Turkey.

International Journal of Education

and Practice, 2013,

http://www.aessweb.com/pdffiles/ijep%201(5),%2051-63.pdf

Hamruni, 2013. Strategi Pembelajaran,

Insan Madani, Yogyakarta.

Keil, C., Haney, J., & Zofel, J. (2009).

Improvements in student

achievement and science process

skills. using environmental health

science problem-based learning

curricula. Electronic Journal of

Science Education. Volume 13,

No. 1.

Llewellyn, D. (2011). Differentiated science

inquiry.Corwin:A Sage Company.

Maniotes, K. L &Kuhltau, C. C. (2014).The

shift from traditional research

assigments to guiding inquiry

learning.Journal American Literacy

Association.Volume 43, No

http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1045

pdf.

Rusman, 2014. Model-model Pembelajaran,

Raja Grafindo, Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v24i2.13947

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.