PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN PADA SISWA MTsN 3 ACEH BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Prakarya aspek pengolahan di MTsN 3 Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, tindakan & pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, tes kognitif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif Metode pembelajaran make a match yang diterapkan sesuai dengan sintak make a match dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lalu guru berperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian penerapan metode pembelajaran make a match ini adalah keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II yaitu mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar prakarya aspek pengolahan pada siswa kelas VIII-E di MTsN 3 Aceh Barat.
Keywords
hasil belajar; pembelajaran make a match; prakarya aspek pengolahan
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v28i1.17269
Article Metrics
Abstract view : 224 timesPDF - 153 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.