PENGARUH MEDIA E- LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA

Anna Juniar, Nurjannah ., Hafni Nasution

Abstract


Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan termokimia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari lima kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI.1 (kelas eksperimen) dan kelas XI.3 (kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 3,105 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05 dan dk = 62, sehingga thitung>ttabel. Hal ini berarti terima Ha, sehingga dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran tanpa e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share (TPS). Adapun aspek kognitif yang berkembang melalui media e-learning berbasis weblog pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). adalah C4 (analisis). .


Keywords


Kata kunci: e-learning, Weblog, Kooperatif, Think Pair Share, Termokimia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v19i1.3048

Article Metrics

Abstract view : 330 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)