UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI UN MI IMAM PURO LUBANGINDANGAN KEC BUTUH KAB PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi UN, kendala dan
upaya Madrasah dalam meningkatkan prestasi UN Siswa Kelas VI MI Imam
Puro Lubangindangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam menempuh suatu
pendidikan prestasi adalah sesuatu hal yang banyak menjadi sorotan oleh
berbagai pihak. Prestasi yang sering dilihat adalah prestasi tentang UN yang
merupakan tolak ukur pendidikan dari segala usia. Karena dengan melihat baik
buruknya hasil prestasi UN maka dapat dilihat upaya serta kendala yang
dihadapi suatu lembaga pendidikan utamanya MI Imam Puro
Lubangindangan yang dalam hal ini menjadi objek penelitian yang
berhubungan dengan prestasi UN. Karena prestasi yang diraih selama ini
dipandang cukup baik dibanding dengan sekolah negeri yang ada di wilayah
Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan di MI
Imam Puro Lubangindangan Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo Tahun
Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
yang melaporkan hasil apa adanya dalam bentuk uraian yang mana
menggunkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan
observasi. Prestasi UN yang di dapat MI Imam Puro cukup baik karena masuk
sepuluh besar dari tiga puluh delapan madrasah yang ada di purworejo.
Meskipun dalam usahanya meningkatkan prestasi madrasah menemui kendala,
namun itu semua dapat diatasi bersama-sama. Madrasah mengalami kendala
dalam meningkatkan prestasi antara lain yang berkaitan dengan latar belakang
pendidikan orang tua peserta didik, tingkat perekonomi oran tua peserta didik,
konsentrasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, banyaknya
beban kerja guru yang tidak di imbangi dengan fasilitas peningkatan
kesejahteraan para guru yang belum pegawai negeri, dan kurangnya fasilitas
untuk meningkatkan proses pembelajaran seperti labolatorium untuk praktek
peserta didik. Namun semua kendala yang dihadapi tetap membuat madrasah
tetap semangat untuk selalu meningkatkan prestasi dalam segala bidang
dengan menempuh berbagai cara utamanya melakukan penambahan jam
belajar peserta didik dan memberikan banyak tugas agar selalu berusaha
untuk tetap belajar dimanapun berada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu, Supriyono, Widodo, 2004,
Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka
Cipta.
Arifin Zaenal, 2010, Evaluasi Pembelajaran.
Bandung, Remaja Rosdakarya.
Bobbi De Porter, Mike Hernacki, 2003.
Quantum Learning. Bandung: PT
Chan, Sam M, Sam, Tuti T, 2010. Kebijakan
Pendidikan Era Otonomi Daerah.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas, 2002, Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta, Balai
Pustaka.
Hamalik, Oemar, 2011. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta, PT Bumi Aksara.
Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Tentang
Standar Penilaian.
Kepmendiknas No. 153/U/2003 Tentang Ujian
Akhir Nasional.
Mulyasa, E, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Satori, Djaman, Komariah, Aan, 2010,
Metodologi penelitian kualitatif.
Bandung: Alfabeta.
Sugiono, 2010, Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung, Alfabeta.
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif Dan R&B. Bandung:
Alfabeta.
Sunarto, Hartono Agung,
2008.
Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Slameto, 2010, Belajar & Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi.
Jakarta: Rineka
Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003. 2008. Undang Undang
System Pendidikan Nasional. Jakarta,
Sinar Grafika.
Zain Yusuf, Muhammad, 1993. Akhlak
Tasawuf. Semarang: Al Husna
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i2.6557
Article Metrics
Abstract view : 245 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN