PENGARUH IKLAN DAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI URBAN KOPI KOTA MEDAN

Authors

  • Ernita Rumenta Sinaga
  • Hanifa Anshary Nasution
  • Rafid Manfadzi
  • Hotman Pangihutan Simbolon

DOI:

https://doi.org/10.24114/plans.v20i1.53429

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengaruh iklan dan promosi melalui jejaring sosial berbasis internet Instagram terhadap pilihan pembelian konsumen di Urban Kopi Kota Medan. Metode penelitian menggunakan strategi kuantitatif dengan prosedur pengumpulan informasi melalui survei. Responden merupakan konsumen Urban Kopi Kota Medan yang menggunakan Instagram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa iklan, promosi, dan pilihan pembelian memiliki hubungan positif yang signifikan. Penelitian ini menegaskan bahwa iklan dan promosi melalui jejaring sosial berbasis internet Instagram juga berdampak pada pilihan pembelian konsumen di Urban Kopi Kota Medan. Meskipun demikian, promosi tidak mempengaruhi pilihan pembelian. Dampak nyata dari penemuan ini adalah Urban Kopi Medan Kota dapat memanfaatkan jejaring sosial berbasis internet Instagram sebagai teknik pemasaran iklan yang ampuh untuk meningkatkan pilihan pembelian pelanggan, serta mengevaluasi kembali proses keefektifan yang dimiliki Urban Kopi Kota Medan untuk mendapatkan dampak promosi yang lebih besar.

Downloads

Published

2025-05-30