PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (SHOPEEPAY) TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE: STUDI KASUS MAHASISWA UNIMED

Berkat Prima Telaumbanua, Iren Siska Tinambunan, Hotman Simbolon, Evelyn Tannisha

Abstract


Pandemik COVID-19 telah mengubah pola berbelanja masyarakat yang awalnya secara offline berubah menajadi serba online. Shopee menjadi salah satu marketplace yang paling diminati oleh masrakat Indonesia. Untuk memberikan kemudahan bagi konsumen, Shopee menghadirkan produk fintech berupa e-wallet (dompet digital) bernama ShopeePay yang diindikasikan menjadi faktor pendorong perilaku impulsive buying di kalangan Gen Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah terdapat pengaruh penggunaan ShopeePay terhadap impulsive buying pada platform Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Negeri Medan semester ganjil tahun ajaran 2023 yang menggunakan layanan ShopeePay untuk berbelanja pada platform Shopee. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form yang dibagikan kepada sampel berjumlah 30 responden. Sementara itu, analisis data menggunakan regresi linear sederhana yakni uji t dan uji f yang dibantu dengan software SPSS 22. Hasil atas penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan ShopeePay tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying pada platform Shopee.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v17i1.53434

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.