MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 106162 KEC. MEDAN ESTATE
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Metode Jarimatika dalam memahami Menghitung Perkalian siswa kelas III semester ganjil SD.Neg 106162 Medan Estate. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Adapun subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III semester ganjil SD.Neg 106162 Medan Estate. Sedangkan obyeknya adalah strategi Metode Jarimatika .Dari penelitian yang dilakukan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa dalam menguasai materi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa pada materi ini nilai rata-rata hanya 60,00 sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran Metode Jarimatika meningkat mencapai nilai rata-rata 85,00. Respon siswa juga meningkat, data hasil observasi terhadap aktivitas siswa dari 62,50% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 menjadi 91,67%.
Kata Kunci: Kemampuan, Metode, Jarimatika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10257
Article Metrics
Abstract view : 1119 timesPDF - 3564 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.