KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TINGKAT SD NEGERI DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v1i1.1278Abstract
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan dana BOS telah dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri kota Medan pada akhir tahun 2012. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Sampel penelitian ditetapkan 87 SD Negeri. Instrumen disusun berdasarkan petunjuk teknis pengelolaan BOS Tahun 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian adalah: (1) Penyaluran dana BOS SD untuk Triwulan 1, 2, dan 3 tidak tepat waktu; (2) Rata-rata penggunaan dana BOS baru mencapai 94,00%; (3) Tidak semua sekolah sampel menyalurkan dana BOS sesuai dengan Juknis BOS 2012; (4) Dana BOS SD paling banyak digunakan untuk: pembelian buku teks, perawatan sekolah, pembelian bahan habis pakai, dan pembayaran guru dan pegawai honor; (5) Dampak dana BOS terhadap kinerja sekolah belum menunjukkan hasil yang signifikan jika dilihat dari prestasi akademik; namun sudah baik dalam kepemilikan Perangkat Pembelajaran berupa Silabus dan RPP.Kata kunci: Efektivitas, Dana BOSDownloads
Published
2014-09-04
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.