KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TINGKAT SD NEGERI DI KOTA MEDAN

IRSAN IRSAN

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan dana BOS telah dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri kota Medan pada akhir tahun 2012. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Sampel penelitian ditetapkan  87 SD Negeri. Instrumen disusun berdasarkan petunjuk teknis pengelolaan BOS Tahun 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan  wawancara.  Hasil penelitian adalah: (1) Penyaluran dana BOS SD untuk Triwulan 1, 2, dan 3 tidak tepat waktu; (2) Rata-rata penggunaan dana BOS baru mencapai 94,00%; (3) Tidak semua sekolah sampel menyalurkan dana BOS sesuai dengan Juknis BOS 2012; (4) Dana BOS SD paling banyak digunakan untuk: pembelian buku teks, perawatan sekolah, pembelian bahan habis pakai, dan pembayaran guru dan pegawai honor; (5) Dampak dana BOS terhadap kinerja sekolah belum menunjukkan hasil yang signifikan jika dilihat dari prestasi akademik; namun sudah baik dalam kepemilikan Perangkat Pembelajaran berupa Silabus dan RPP.

Kata kunci: Efektivitas, Dana BOS


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v1i1.1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926