MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI KELAS IV SD NEGERI NO 104202 BANDAR SETIA KAB. DELI SERDANG
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan kosakata siswa SD Negeri No. 104202 Bandar Setia Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi In The Classroom.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan jumlah subjek adalah sebanyak 38 siswa yang berasal dari siswa kelas IV SDN 104202 Bandar Setia Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2010/2011. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi pada siswa.
Hasil penelitian berupa observasi awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam proses pelajaran Bahasa Inggris materi tentang kosakata, ternyata telah diperoleh peningkatan penguasaan kosakata siswa secara signifikan. Persentase nilai rata-rata hasil observasi siswa telah meningkat dari 7,07 dengan nilai P = 1,77 pada saat siklus I (Pertemuan I) menjadi 9,39 dengan nilai P = 2,35 pada saat siklus I (Pertemuan II). Pada siklus II Persentase nilai rata-rata hasil observasi siswa telah meningkat menjadi 11,19 dengan nilai P = 2,80 (Pertemuan III) dan meningkat menjadi 12,28 dengan nilai P = 3,07 pada pertemuan IV.
Kata kunci : Penguasaan kosa kata, metode latihan, Bahasa Inggris
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v1i1.1283
Article Metrics
Abstract view : 325 timesPDF - 975 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.