MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD

NIZMI PUTRI

Abstract


ABSTRAK

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah  rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Daur Air hal itu dapat diketahui dari rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model  pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran ipa pokok bahasan Daur Air di kelas V SD Negeri 101788 Marindal I Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 (dua) siklus yang terdiri dari 2 (dua) pertemuan dan 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 perempuan dan 16 laki-laki. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif  berupa test dan data kualitatif berupa observasi.

Kata Kunci : Model Kooperatif, Tipe Snowball Throwing, IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v1i1.1292

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926