PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR INSTALASI LISTRIK ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN KONVENSIONAL DI SMK NEGERI 1 SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL

WIZMAN WIZMAN

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran interaktif berbasis komputer terhadap hasil belajar Dasar Instalasi Listrik di SMK Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal  Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang atau 50% dari total populasi, teknik pengambilan sampel diambil berdasarkan teknik kluster random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes yang dimaksudkan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemasangan Dasar Instalasi Listrik. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 66,49 dan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 58,69. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 2,560 > 1,6697 sehingga Ha diterina dan Ho ditolak pada taraf signifikan  = 0.05% dan dk = 64 dan disimpulkan ada perbedaan hasil belajar dasar instalasi listrik antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran interaktif berbasis komputer dan konvensional di SMK Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.

Kata kunci :  Hasil Belajar, Dasar Instalasi Listrik, Strategi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v1i1.1296

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.