PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 101 HUTASIANTAR

NUR'ASYIAH NUR'ASYIAH

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri  101 Hutasiantar tahun pembelajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah seruh siswa kelas IV SD Negeri 101 Hutasiantar dengan jumlah siswa 31 orang tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran Team Games Tournament berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa hal ini ditadai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah aktivitas menulis/membaca 38%, turun menjadi 29% pada siklus II. Mengerjakan LKS 16%, naik menjadi 39%. Bertanya pada teman 11%, naik menjadi 18%. Bertanya pada guru 16%, turun menjadi 10%. dan yang tidak relepan dengan KBM 19% turun menjadi 5%.Sebelum dilaksanakannya KBM siklus I, peneliti melakukan preetes untuk mengetahui pemahaman dasar setiap siswa. Dari preetes diketahui hasil belajar rata-rata siswa 31,6 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 10. Peningktan hasil belajar siswa dari formatif siklus I dan formatif siklus II  rata-rata 76,8 menjadi 87,7. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70,96% dan pada siklus II sebesar 90,32%.

Kata kunci:Aktivitas belajar dan model pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i1.1701

Article Metrics

Abstract view : 282 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.