UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA KELAS VIII
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi yang diamati peneliti tiga tahun terakhir menunjukkan bahwa siswa yang belajar tuntas Pendidikan Kewarganegaraan dan memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentasi 71%, siswa yang belajarnya tidak tuntas dan memperoleh nilai 0-74 rata-rata 29%. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatiftipe stad bagi siswa kelas VIII.
Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, pembelajaran Kooperatif tipe STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i1.1702
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.