MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS IV SD NEGERI 064977 BHAYANGKARA T.P. 2013/2014

KHAIRUL ANWAR, SALLY LIJAH KHAIRINA

Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa rendah pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak  30 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada Tahun Pelajaran 2013/2014, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung.  Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan test dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dari 30 siswa yang telah mempelajari tentang zat dan wujudnya memperoleh nilai terendah sebesar 40 dan tertinggi sebesar 100. Siswa yang memperoleh nilai < 65 atau tidak tuntas sebanyak 14 orang (46,67%) dan siswa yang mencapay nilai ≥ 65 atau tuntas sebanyak 16 orang (53,33%). Rata-rata perolehan hasil atau nilai belajar sebesar 66,50. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai 53,33%. Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum memiliki tingkat keberhasilan belajar (ketuntasan klasikal) karena masih di bawah 80,00%. Hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran siklus II dapat diketahui bahwa 28 siswa (93,33%) ketuntasan dan 2 orang siswa (6,67%) belum mengalami ketuntasan individu. Perolehan ketuntasan klasikal sebesar 93,33% hal ini membuktikan bahwa hasil belajar secara klasikal pada siklus II telah mencapai ketuntasan karena telah mencapai 80,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86,33.  Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan  model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi zat dan wujudnya di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara Medan T.P. 2013/2014.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i1.1708

Article Metrics

Abstract view : 438 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.