PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOMETRI DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA KELAS V SDS INTI NUSANTARA KOTA TEBING TINGGI

ELVI MAILANI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar geometri dan lembar aktivitas siswa materi bangun datar kelas V. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS Inti Nusantara pada Semester Genap yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yaitu meliputi 3 aspek utama: substantif, prosedur dan teoretis - empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi bangun datar khususnya trapesium dan layang-layang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase siswa yang mencapai standar nilai pada  kriteria ketuntasan minimal (KKM) bidang studi matematika pada tes awal SDS Inti Nusantara sebesar ≥ 65% sebanyak 20 siswa atau 58,82%.

Kata Kunci : Pengembangan, Buku Ajar, Lembar Aktifitas Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i2.1892

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926