PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM UPAYAPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA IX.1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI

ENNY HARTATY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana dalam pelaksanaan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP negeri 5 kota Tebing tinggi. Adapaun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.I SMP negeri 5 Tebing Tinggi.Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes objektif dan tes subjektif. Berdasarkan data yang diperoleh dari konversi skor guru menetapkan nilai yang menunjukkan tingkat ketuntasan minimal siswa. Pada siklus kedua, guru mengadakan penilaian portofolio, yang direncanakan untuk mendukung prestasi siswa dalam aspek afektif dan psikomotor. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio.

 

Kata kunci : Pembelajaran, Portofolio, dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i2.1899

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEJ : School Education Journal PGSD FIP UNIMED by PGSD Universitas Negeri Medan. p-ISSN : 2355-1720 | e-ISSN : 2407-4926