PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM UPAYAPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA IX.1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana dalam pelaksanaan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP negeri 5 kota Tebing tinggi. Adapaun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.I SMP negeri 5 Tebing Tinggi.Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes objektif dan tes subjektif. Berdasarkan data yang diperoleh dari konversi skor guru menetapkan nilai yang menunjukkan tingkat ketuntasan minimal siswa. Pada siklus kedua, guru mengadakan penilaian portofolio, yang direncanakan untuk mendukung prestasi siswa dalam aspek afektif dan psikomotor. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio.
Kata kunci : Pembelajaran, Portofolio, dan Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i2.1899
Article Metrics
Abstract view : 175 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.