IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X MIA-1 SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

Riama Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together selama kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa, terbukti dari hasil tes siswa ketuntasan pembelajaran naik yaitu pada Siklus I rata-rata nilai tes 73 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 69,2% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 81 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi  89,6%, dan berhasil memberikan ketuntasan hasil belajar secara klasikal; 2) Adanya peningkatan hasil belajar afektif pada siklus I ke siklus II adalah  kejujuran 35% menjadi 64%, disiplin 33% menjadi 71%, tanggung jawab 32% menjadi 75%, ketelitian 32% menjadi 64%, kerjasama 34% menjadi 69%.; 3) Adanya peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa dari siklus I ke siklus II yaitu mengidentifikasi maksud pembicaraan 33% menjadi 70%, menggunakan tata bahasa yang tepat 30% menjadi 74%, berbicara secara jelas dan mudah dimengerti dari 34% menjadi 66%, menggunakan pilihan kosakata yang tepat dari 35% menjadi 73%, intonasi suara sesuai dengan yang disampaikan dari 35% menjadi 75%.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2144

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.