MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA SD

Ramli Sitorus

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada penyelesaian soal cerita Matematika  di kelas V SD. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan baik dan pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan sangat baik. Pada siklus I aktivitas siswa digolongkan dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan digolongkan dalam kategori baik.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching And Learning, Soal Cerita Matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2146

Article Metrics

Abstract view : 677 times
PDF - 767 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.