PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 3 BERASTAGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2151Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kreatifitas belajar pada aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu (Fisika) dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching . Penelitian dikenakan pada siswa kelas VII-6 SMPN 3 Berastagi dengan jumlah 36 siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus disimpulkan bahwa; 1) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching selama kegiatan belajar mengajar pada IPA Terpadu di kelas VII-6 SMPN 3 Berastagi berhasil memperbaiki aktivitas belajar siswa terlihat dari membaiknya kualitas masing-masing kriteria tiap siklusnya. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain membaca/membaca (41%), bekerja (28%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (10%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain membaca/membaca (26%), bekerja (45%), bertanya sesama teman (16%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa Pada Siklus I sebesar 73,6 dan pada Siklus II sebesar 96,3 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, KreativitasPublished
2015-06-30
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.