PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 3 BERASTAGI

Niasni Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kreatifitas belajar pada aktivitas dan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran IPA Terpadu (Fisika) dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching . Penelitian dikenakan pada siswa kelas VII-6  SMPN 3 Berastagi  dengan jumlah 36 siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus disimpulkan bahwa; 1) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching selama kegiatan belajar mengajar pada IPA Terpadu di kelas VII-6 SMPN 3 Berastagi berhasil memperbaiki aktivitas belajar siswa terlihat dari membaiknya kualitas  masing-masing kriteria tiap siklusnya. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  membaca/membaca (41%), bekerja (28%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (10%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  membaca/membaca (26%), bekerja (45%), bertanya sesama teman (16%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (2%).  Hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa Pada Siklus I sebesar 73,6 dan pada Siklus II sebesar 96,3 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas.

 

Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, Kreativitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2151

Article Metrics

Abstract view : 291 times
PDF - 516 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.