PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI EKONOMI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan belum memberikan ketuntasan belajar klasikal sehingga perlu diupayakan pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Penelitian dikenakan pada siswa kelas XII IPS-3 SMA Negeri Percut Sei Tuan dengan jumlah 33 siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Formatif I menunjukkan rata-rata 57,1 dengan ketuntasan klasikal 45% dan Formatif II menunjukkan rata-rata 82,4 dengan ketuntasan secara klasikal 88% atau mencapai ketuntasan secara kalsikal dengan peningkatan ketuntasan klasikal 35%; 2) data aktivitas siswa rata-rata menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (38%), mengerjakan LKS (29%), bertanya sesama teman (8%), bertanya kepada guru (17%), dan yang tidak relevan dengan KBM (7%), sedangkan data aktivitas siswa rata-rata pada Siklus II antara lain membaca (33%), mengerjakan LKS (38%), bertanya sesama teman (20%), bertanya kepada guru (7%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%).
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif , Hasil Belajar SiswaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2166
Article Metrics
Abstract view : 389 timesPDF - 304 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.