PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET DI KELAS V SD NEGERI 1 66492 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh siswa kelas V SD Negeri 166492 Kota Tebing Tinggi dari jumlah siswa 28 orang yang mengikuti ulangan harian pada materi pelajaran permainan bola basket. Adapun hasil PTK ini adalah pembelajaran dengan metode Kooperatif model Teams Games Tournament dengan peningkatannya dapat dilihat melaui 2 siklus . Yaitu Kegiatan awal yang tuntas sebanyak 10 orang ( 36 %), Siklus I sebanyak 15 orang ( 36 %), Siklus II sebanyak 21 orang ( 75 %). Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus menggunakan Model Teams Games Tournament dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan pada permainan bola basket ternyata sudah cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2175
Article Metrics
Abstract view : 288 timesPDF - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.