PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BAGI SISWA SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI

Pasuria Simbolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 8-4  dengan menggunakan  model Project Based Learning di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas 8-4 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dimulai tanggal 12 Agustus 2013 sampai 10 Desember 2013. Dalam setiap kegiatan  Siklus 1, Siklus 2  adanya observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan observaiser . Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan sebanyak 24 siswa yang mengalami ketuntasan belajar atau  66 % dan sebanyak 12 atau 34 %  siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar, hal ini disebabkan karena masih ada siswa yang belum memahami model project based learning. Pada siklus 2 Siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 30 siswa atau 83% dan Siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 6 siswa atau 17%.

Kata kunci : Peningkatan, Project  Base Learning,  Hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2177

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 3116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.