PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BAGI SISWA SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2177Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 8-4 dengan menggunakan model Project Based Learning di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas 8-4 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dimulai tanggal 12 Agustus 2013 sampai 10 Desember 2013. Dalam setiap kegiatan Siklus 1, Siklus 2 adanya observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan observaiser . Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan sebanyak 24 siswa yang mengalami ketuntasan belajar atau 66 % dan sebanyak 12 atau 34 % siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar, hal ini disebabkan karena masih ada siswa yang belum memahami model project based learning. Pada siklus 2 Siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 30 siswa atau 83% dan Siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 6 siswa atau 17%. Kata kunci : Peningkatan, Project Base Learning, Hasil belajarPublished
2015-06-30
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.