UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 164522 TEBING TINGGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 164522 Tahun Pelajaran 2014/2015 pada bulan Februari - April 2015. Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif STAD padamata pelajaran PKN dapat membantu siswa dalam memenuhi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode STADFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2180
Article Metrics
Abstract view : 334 timesPDF - 295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.