UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 164522 TEBING TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2180Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 164522 Tahun Pelajaran 2014/2015 pada bulan Februari - April 2015. Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif STAD padamata pelajaran PKN dapat membantu siswa dalam memenuhi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode STADPublished
2015-06-30
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.