PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV-A SD NEGERI 088 PANYABUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2936Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 1,8.Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II dengan rata-rata hasil belajar masing-masing menunjukkan 2,3 dan 3,1. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 55,6% dan 86%.Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (38%), mengerjakan LKS (29%), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM (6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca/menulis (26,9%), mengerjakan LKS (38,8%), bertanya sesama teman (25,0%), bertanya kepada guru (6,9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2,5%). Kata Kunci : Model, Kooperatif Tipe TutorPublished
2015-06-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.