PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV-A SD NEGERI 088 PANYABUNGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 1,8.Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II dengan rata-rata hasil belajar masing-masing menunjukkan 2,3 dan 3,1. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 55,6% dan 86%.
Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (38%), mengerjakan LKS (29%), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM (6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca/menulis (26,9%), mengerjakan LKS (38,8%), bertanya sesama teman (25,0%), bertanya kepada guru (6,9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2,5%).
Kata Kunci : Model, Kooperatif Tipe Tutor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2936
Article Metrics
Abstract view : 377 timesPDF - 305 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.