PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELASXI IPA-1 SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menerapkan model pembelajaran snowball throwing sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar yang bermuara pada peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PKn. Siklus I mencapai rata-rata 69,09 dengan ketuntasan klasikal 36,36% dan Siklus II mencapai 86,97 dengan ketuntasan klasikal 90,90%. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis dan membaca (47%), mengerjakan LKS (34% ), bertanya pada teman (4%), menjawab pertanyaan teman (4%), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM (9%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain menulis dan membaca (31%), mengerjakan LKS (44%), bertanya pada teman (11%), menjawab pertanyaan (9%), bertanya kepada guru (1%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%).
Kata Kunci : Model, Snowball Throwing, Hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2938
Article Metrics
Abstract view : 483 timesPDF - 2092 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.