PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELASVI SD NEGERI 088 PANYABUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2939Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuanUntuk mengetahui aktivitas belajar siswa siswa kelas VI SD Negeri 088 Panyabungan.Pada Siklus I rata-rata nilai tes 71 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 54,34% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 86 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 91,30. Data aktivitas siswa menurut pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (37%), bekerja (19% ), bertanya sesama teman (15%), bertanya kepada guru (18%), dan yang tidak relevan dengan KBM (11%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain menulis/membaca (27%), bekerja (32%), bertanya sesama teman (23%), bertanya kepada guru (15%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4%). Sehingga terjadi perbaikan aktivitas belajar siswa dalam dua siklus. Kata Kunci : Aktivitas, Kooperatif, Numbered heads togetherPublished
2015-06-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.