PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI POKOK KESEIMBANGAN EKOSISTEM DI KELAS VI SD NEGERI 041 TANJUNG SIALANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 041 Tanjung Sialang tahun pembelajaran 2014/2015.Siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah menulis/membaca yaitu 41% mengalami penurunan menjadi 26% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 21% meningkat menjadi 38%. Bertanya pada teman 16% naik menjadi 25%. Bertanya pada guru 11% menurun menjadi 9%. Yang tidak relevan dengan KBM 12% menurun menjadi 3%.Dari pretest diketahui hasil belajar rata-rata siswa 44,5. Peningkatan hasil belajar siswa dari formatif siklus I dan formatif siklus II rata-rata 66 menjadi 83. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 95%.
Kata Kunci :Model, Contextual Teaching and Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2940
Article Metrics
Abstract view : 371 timesPDF - 685 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.