PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 TAMBANGAN
Abstract
Abstrak
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I diketahui : membaca/menulis (23.75%), mengerjakan (15.00%),bertanya pada teman (20.63%), bertanya pada guru (21.25%), dan yang tidak relevan dengan KBM (19.38%). Sedangkan Data aktivitas siswa yang diperoleh pengamatpada Siklus II antara lainmembaca/menulis (28.13%), mengerjakan (40.00%), bertanya pada teman (20.00%), bertanya pada guru (8.13%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3.75%).Setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-sharehasil belajar siswa mengalami peningkatan pada akhir Siklus I dengan rata-rata 74.00 dan akhir Siklus II dengan rata-rata 86.50 dan ketuntasan klasikal 60% pada Siklus I menjadi 90% pada Siklus II sehingga mengalami peningkatan 30%.
Kata kunci : Model, Hasil belajar, Think-pair-share.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2941
Article Metrics
Abstract view : 445 timesPDF - 392 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.