MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU KATA SISWA KELAS 1 SD 101799 DELITUAKABUPATEN DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2945Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan media gambar dan kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Dari pretes diketahui hasil belajar rata-rata siswa 54,24 dengan perolehan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40. Peningkatan hasil belajar siswa dari formatif siklus I dan formatif siklus II rata-rata 66,96 menjadi 79,69. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60,60% dan pada siklus II sebesar 100%.Peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah menulis / membaca yaitu 33% naik menjadi 34% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 27% pada siklus 1 dan 11.Bertanya pada teman 17% meningkat menjadi 18%.Bertanya pada guru 13% pada siklus 1 dan siklus11.Yang tidak relepan dengan KBM 10% menurun menjadi 8%. Kata Kunci : Media, Gambar, Kartu KataPublished
2015-06-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.