MATERI BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGAMODEL BANGUN DATAR WARNA WARNI PADA KELAS VASD NEGERI 101799 DELITUA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga model bangun datar warna warni.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus.Alat peraga model bangun datar warna warni berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Dari hasil tes awal diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 9.37% (3 siswa) dengan rata-rata kelas 32,50. Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui alat peraga model bangun datar warna warni,persentase ketuntasan klasikal pada tes hasil belajar I diperoleh 71,87% (23 siswa) dengan rata-rata kelas 75,30. Setelah tindakan pada siklus II diperoleh hasil tes belajar II dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu sebesar 90,62% (29 siswa) dengan rata-rata kelas 87,50.
Kata Kunci : Model, Alat Peraga, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2946
Article Metrics
Abstract view : 390 timesPDF - 1257 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.