MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 PENYABUNGAN
Abstract
Abstrak
Penerapan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran sejarah dapat membuat siswa untuk aktif berbicara dan berani mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Talking Stick diperoleh hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus I, peneliti melakukan pretes dan hanya 3 orang siswa yang nilainya melampaui KKM ≥ 78 dengan nilai rata – rata 61,14 dan ketuntasan klasikal yaitu 9%. Kemudian peneliti melakukan tes Formatif I (Postes I) pada siklus I menunjukkan ketuntasan individunya sebanyak 20 orang dengan tuntas kelasikal sebesar 57,14% dan rata – rata nilai tes sebesar 73,71. Pada siklus II atau Formatif II menunjukkan hasil ketuntasan belajar individu sebanyak 30 orang dengan nilai ketuntasan klasikalnya sebesar 85,71%.
Kata Kunci : Model, Talking Stick, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2947
Article Metrics
Abstract view : 389 timesPDF - 390 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.