IMPLEMENTASI KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Pesantren Ar- Raudhatul Hasanah dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui strategi Pengembangan Profesional Ustadz dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui masalah- masalah yang dihadapi Pesantren dalam mewujudkan kurikulumnya dan bagaimana solusinya. Penelitianini menggunakan metode kualitatif, lokasinya di Pesantren Raudhatul Hasanah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, Studi dokumentasi. Pengelolaan data terdiri dari: Reduksi data, Display data / penyajian data, Analisis data, meningkatkan keabsahan hasil.Hasil penelitian sebagai berikut: kurikulum yang dilaksanakan pada Pesantren Ar- Raudatul Hasanah adalah perpaduan antara kurikulum Pesantren Gontor dengan penyesuaian dan pengembangan juga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Setiap dua minggu sekali supervisor melakukan sharing terhadap para Ustadz dan ustadzah dalam pembuatan Program Tahunan, Program semester, Silabus, RPP danmelakukan kerjasama dengan pengawas pesantren setempat.
Kata kunci: Implementasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2948
Article Metrics
Abstract view : 573 timesPDF - 648 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.