PENGUASAAN KONSEP DASAR IPA PADA MAHASISWA PGSD UNIMED MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES
Abstract
Abstrak
Pendekatan keterampilan proses adalah pendekatan pembelajaran yang mengarah pada pengembangan kemampuan dasar untuk menemukan fakta dan konsep ataupun pengembangan sikap dan nilai melalui proses belajar mengajar yang telah mengaktifkan mahasiswa sehingga mampu menumbuhkan sejumlah keterampilan tertentu. Berdasarkan hasil pretest sebanyak 18 orang (69%) mahasiswa masih berada pada kategori “kurang” atau belum mencapai ketuntasan belajar minimal, dan 8 orang (31%) mahasiswa berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya dilaksanakan pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses, dan dilakukan observasi aktifitas mahasiswa dan diperoleh hasil, bahwa dari 8 aktifitas keterampilan proses yang mendominasi aktifitas mahasiswa selama proses pembelajaran adalah aktifitas mengamati (63,5%) dan menggunakan alat dan bahan (65,4%). Selanjutnya aktifitas merencanakan penelitian (44,2%) dan mengomunikasikan hasil penelitian (44,2%) berada pada tingkat 3 dan 4 teratas. Aktifitas lainnya hanya berkisar 7% s/d 25 % dari jumlah mahasiswa.
Kata kunci: Keterampilan Proses, Konsep Dasar IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2952
Article Metrics
Abstract view : 890 timesPDF - 1662 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.