PENERAPAN MODEL BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran based learning. Disamping ini penerapan pembelajaran based learning juga dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa pembelajaran. Subjek penelitian ada sebanyak 25 orang, yaitu mahasiswa yang mengambil matakuliah matematika keuangan. Hasil penelitian menunjukkan pada sikur pertama, diperoleh selisih skor rata-rata postest dengan skor rata rata-rata pretest diperoleh sebesar 34,68 dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah secara klasikal 12%. Setelah diberi tindakan I menggunakan model problem Based Learning rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah I meningkat menjadi 61,6% dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah secara klasikal 36%. Ini berarti terjadi peningkatan 24% dari pretest yang dilaksanakan. Kemudian setelah pemberian tindakan II, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah II mahasiswa adalah 71,8% dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah secara klasikal yang berarti mengalami peningkatan sebesar 44% dari tes kemampuan pemecahan masalah I.
Kata kunci: Metode Based Learning, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2953
Article Metrics
Abstract view : 431 timesPDF - 443 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.