PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN LKS UNTUK MEMPERBAIKI KEMAMPAUN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penerapan LKS bertujuan meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada setiap hasil belajar siswa. Hasil belajar psikomotorik siswa terjadi peningkatan yang menurut pengamatan pengamat pada Siklus I dan II antara lain mengidentifikasi maksud pembicaraan 31% menjadi 59%, menggunakan tata bahasa yang tepat 32% menjadi 60%, berbicara secara jelas dan mudah dimengerti 22% menjadi 53%, menggunakan pilihan kosakata yang tepat 33% menjadi 59%, dan yang Intonasi suara sesuai dengan yang disampaikan 23% menjadi 57%. Peningkatan hasil belajar afektif siswa pada Siklus I dan II antara lain sikap kejujuran 26% menjadi 58%, disiplin 30% menjadi 54%, tanggung jawab 28% menjadi 56%, ketelitian 32% menjadi 54%, dan kerja sama 24% menjadi 56%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 77 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 64% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 86 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 91%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Psikomotorik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2954
Article Metrics
Abstract view : 321 timesPDF - 330 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.