PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN LKS UNTUK MEMPERBAIKI KEMAMPAUN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 4 MEDAN

Elza Yeni

Abstract


Abstrak

Penerapan LKS bertujuan meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada setiap hasil belajar siswa. Hasil belajar psikomotorik siswa terjadi peningkatan yang menurut pengamatan pengamat pada Siklus I dan II antara lain mengidentifikasi maksud pembicaraan 31% menjadi 59%, menggunakan tata bahasa yang tepat 32% menjadi 60%, berbicara secara jelas dan mudah dimengerti 22% menjadi 53%, menggunakan pilihan kosakata yang tepat 33% menjadi 59%, dan yang Intonasi suara sesuai dengan yang disampaikan 23% menjadi 57%. Peningkatan hasil belajar afektif siswa pada Siklus I dan II antara lain sikap kejujuran 26% menjadi 58%, disiplin 30% menjadi 54%, tanggung jawab 28% menjadi 56%, ketelitian 32% menjadi 54%, dan kerja sama 24% menjadi 56%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 77 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 64% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 86 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 91%.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Psikomotorik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2954

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.