MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2974Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 41. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan Formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 57,8 dan 86,8. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (40%), bekerja (28%), bertanya sesama teman (12%), bertanya kepada guru pada siklus II antara lain membaca/menulis (26%), bekerja (45%), bertanya sesame teman (16%), bertanya kepada guru (12%) dan dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Penerapan model pembelajaran Jigsaw dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Kata Kunci: Model Kooperatif, Jigsaw, Hasil belajarPublished
2015-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.