MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 41. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan Formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 57,8 dan 86,8. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (40%), bekerja (28%), bertanya sesama teman (12%), bertanya kepada guru pada siklus II antara lain membaca/menulis (26%), bekerja (45%), bertanya sesame teman (16%), bertanya kepada guru (12%) dan dan yang tidak relevan dengan KBM (2%). Penerapan model pembelajaran Jigsaw dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Model Kooperatif, Jigsaw, Hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2974
Article Metrics
Abstract view : 289 timesPDF - 308 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.