EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IX-7 SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajara siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigasi. Berdasarkan tes hasil belajar (Pretes) diperoleh nilai rata-rata 60 dan ketuntasan 14,3 %. Kemudian dilanjutkan KBM. Akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai tes 73,1 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 51,3% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 81,7 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 85,3%. Perbandingan antara siklus I dan Siklus II dijabarkan, aktivititas Siklus I antara lain menulis dan membaca (42%), bekerja (27%), bertanya sesama teman 5,3%), bertanya kepada guru (14,2%), dan yang tidak relevan dengan KBM (12%).(b) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain menulis dan membaca (25,6%), bekerja (52,5%), bertanya sesama teman (14,4%), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4,4%).
Kata Kunci : Model Group Investasi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2976
Article Metrics
Abstract view : 326 timesPDF - 246 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.