PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAKELAS IX-10 SMP NEGERI 4 MEDAN

Isak Ritonga

Abstract


Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa.Siklus I diperoleh nilai rata-rata 64 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 35%.Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 87 dengan ketuntasan klasikal mencapai 97%, karena lebih besar dari 85% maka siklus II dikatakan berhasil memberikan ketuntasan belajar klasikal.Aktivitas menulis dan membaca turun dari 41% menjadi 38%, hal ini menunjukkan siswa sudah tidak monoton akan tetapi mulai aktif dalam pembelajaran. Aktivitas mengerjakan dalam diskusi yang meningkat dari 29% menjadi 37% menunjukkan perbaikan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Sementara aktivitas bertanya pada teman naik dari 13% menjadi 15% menunjukkkan siswa sudah mulai aktif dalam berdiskusi dan bertanya pada guru turun dari 8% menjadi 4% menunjukkan siswa sudah mulai tidak ketergantungan kepada guru. Aktivitas yang tidak relevan dengan KBM pada turun dari 11% menjadi 8%.

Kata Kunci : Model, TAI (Team Assisted Individualization), Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2978

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF - 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.