PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VII-7SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang mencakup aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran IPA dan juga prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 32,3. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 68,57 dan 85,14. Ada perubahan akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (42%), bekerja (27% ), bertanya sesama teman (5,6%), bertanya kepada guru (13,8%), dan yang tidak relevan dengan KBM (12%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca/menulis (25,8%), bekerja (52,6%), bertanya sesama teman (14,2%), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4,2%).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2979
Article Metrics
Abstract view : 297 timesPDF - 399 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.