PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VII-7SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA

Pujien Barus

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang mencakup aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran IPA dan juga prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 32,3.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  hasilnya  masing-masing menunjukkan rata-rata 68,57 dan 85,14. Ada perubahan akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  membaca/menulis (42%), bekerja (27% ), bertanya sesama teman (5,6%),   bertanya kepada guru (13,8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (12%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  membaca/menulis (25,8%), bekerja (52,6%), bertanya sesama  teman (14,2%), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4,2%).

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil  Belajar

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2979

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.