PENGARUH KOMPETENSI MENGAJAR GURU DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SD KELAS VI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan salah satu bentuk dari Probability Sampling yaitu simple random sampling. Untuk skala kompetensi mengajar guru, pola asuh orang tua terlebih dahulu di uji cobakan sedangkan skala Motivasi Berprestasi diadaptasi dari “Measuring Achievement Motivation. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Pengaruh kompetensi mengajar guru terhadap motivasi berprestasi secara langsung sebesar 0,408 = 40,8% hal ini terlihat pada nilai sig. 0,000. (0,000 0,05). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi secara langsung sebesar 0,266 = 26,6%, hal ini terlihat pada nilai sig. 0,000. (0,00 0,05). Pengaruh tidak langsung kompetensi mengajar guru terhadap motivasi berprestasi melalui konsep diri sebesar 0,083 =8,3%. Pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi melalui konsep diri sebesar 0,054 = 5,4%.Pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,204 = 2,04%, hal ini terlihat pada nilai sig. 0,000. (0,05 0,000).
Kata Kunci: Kompetensi Mengajar, Pola Asuh, Konsep Diri.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2980
Article Metrics
Abstract view : 550 timesPDF - 462 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.