UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETUTOR SEBAYA DI SMP NEGERI 3 SATU ATAP BANGUN PURBA
DOI:
https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v4i1.2981Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutur sebaya.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 26,1 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum pembelajaran disekolah. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II dengan rata-rata hasil belajar masing-masing menunjukkan 60,7 dan 85,7. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (41 %), mengerjakan LKS (24%), bertanya sesama teman (8 %), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (13 %). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca/menulis (24 %), mengerjakan LKS (50 %), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (2 %), dan yang tidak relevan dengan KBM (6 %).Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil BelajarPublished
2015-12-25
Issue
Section
Articles
License
Authors whose manuscripts are approved are approved as follows:
- The publication rights for all journal manuscript materials published/published on the SEJ (School Education Journal) E-Journal site are held by the editorial board with the author's knowledge (moral rights remain with the manuscript authors).
- The formal legal requirements for accessing this electronic digital journal article are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA 4.0) license, which means that E-Journal SEJ (School Education Journal) has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a database, maintain, and publish articles without asking permission from the author as long as the author's name remains as the copyright owner.
- Manuscripts published/published electronically are open access for educational, research, and library purposes.